Estimasi Biaya Hidup di Pare English Camp per Bulan

Pasti kebanyakan teman-teman sebelum datang ke kampung english ini bertanya-tanya berapa estimasi anggaan selama sebulan, agar supaya teman-teman bisa mempediksi berapa budget yang mesti disiapkan dan berapa lama akan tinggal disana.

Actually, kita tidak bisa memprediksi pastinya anggaran yang kita gunakan, depend on you, jika banyak makannya, yah anggarannya juga membengkak. tetapi paling tidak kami dari ASSET akan memberi gambaran kasar berapa besar anggran selama satu bulan.

Soal biaya transportasi kesini sudah dijelaskan di topik sebelumnya (see How to get Pare-Kediri from Sulawesi).

* Tempat tinggal (kost/camp) :
biaya tempat tinggal tergantung jenis tempat tinggal apa yang mau kita tempati. Di Pare ini biasanya tervagi atas dua yaitu mau pilih camp atau kost saja.
Camp : selain sebagai tempat tinggal, camp juga digunakan untuk meng-improve bahasa inggris kita lebih cepat. kelebihan camp yaitu adanya english Area dan program camp, biasanya program evening and morning dan progam lainnya. Hampir semua lembaga kursusan di pare ini memiliki camp. biaya sekitar 150rb-450rb tergantung mau memilih bamp dimana dan opsi-opsi program campnya yang bagaimana. Khususnya di ASSET camp biaya hanya 80rb/bulan (udah termasuk english area dan program camp).

Kost : untuk kost hanya digunakan sebagai tempat tinggal saja. Biasanya kebanyakan oang yang memilih kost untuk mencari ketenangan dan tidak mau diganggu.

* Kursusan :
Biaya kursusan bevariasi, tegantung mau pilih dikursusan mana. biasanya ada kursusan yang menggunakan periode 1 bulan dan kebanyakan 2 minggu. biaya kursusan di kampung pare ini untuk 2 minggu bekisar antara 25rb-100rb, dan untuk 1 bulan berkisa antara 60rb-175rb.

* Makan dan Minum
Untuk makan dan minum sehari-hari, alhamdulillah biaya makannya masih rendah dibanding di Sulawesi, di kampung pare ini, teman-teman masih bisa menemukan makanan seharga 2.500. untuk estimasi anggaran untuk makan bekisar 2.500 - 6.000 per sekali makan, dan untuk minuman berkisar 1.000 - 5.000 (untuk air putih gratis).

* Lain-lain
biasanya masih ada lagi biaya-biaya lain yang mesti dikeluarkan seperti biaya sepeda sekitar 40rb-70rb per bulan (untuk rental), tetapi jika mau tinggal lama sekitar lebih dari 5 bulan, saya saankan untuk membeli sepeda, harga sekitar (150rb-450rb) dan ketika mau pulang bisa dijual seharga (50-250rb).
biaya lainnya yaitu tentang kesehatan. Sekedar mengingatkan kepada teman-teman untuk menjaga kesehatan selama disana karena biaya kesehatan di kampung pare ini lumayan mahal, satu hari rawat inap di Rumah Sakit biayanya sekitar 900rb-an.

Jadi kesimpulannya, jika estimasikan secara kasar pengeluaran selama sebulan, sebagai contoh kasus,,,,
Si-A tinggalnya di Asset camp (80rb/bulan), dan dia mengambil dua program tiap minggu, masing-masing progam dengan biaya 60rb (artinya dalam satu bulan mengambil 4 progam, 240rb), dan menyewa sepeda perbulan dengan harga 50rb, serta makan 3 kali sehari dengan haga makanan 4rb per sekali makan (12rb sehari dan selama sebulan 360rb), seta biaya lainnya yang tidak terduga sekita 100rb.

Jadi total pengeluaan si-A selama satu bulan yaitu : sekitar 830.000 Rupiah

Sekali lagi ditekankan, ini hanyalah rancangan kasar yang digunakan sebagai gambaran untuk memprediksi pengeluaan anda selama satu bulan. Bisa lebih maupun kurang tergantung bagaimana anda mengelolah keuangan anda.

thanks. LONG LIFE ASSET

0 Response to "Estimasi Biaya Hidup di Pare English Camp per Bulan"

powered by Blogger | WordPress by shaggy | Converted by tempat download